MATERI BAHASA INDONESIA (PARAFRASE) KELAS 6SD.



PARAFRASE
Mari, Membuat Parafrase
 
Salah satu jenis teks yang dapat kamu baca adalah puisi. Puisi tentu berbeda dengan cerita. Salah satu cara untuk memahami puisi adalah dengan mengubahnya ke dalam bentuk cerita. Pengubahan bentuk tersebut dinamakan parafrase.
Parafrase dilakukan dengan mengubah susunan bait dalam puisi menjadi paragraf. Pada saat membuat parafrase, kamu harus tetap mempertahankan isi puisi tersebut.
Gunakanlah kata-katamu sendiri ketika memparafrasekan puisi. Jika dalam puisi kamu menemukan kata yang sulit, buatlah deskripsi dengan kata-katamu sendiri. Kata-kata tersebut lalu dirangkaikan menjadi sebuah cerita. Apabila menemukan kata yang benar-benar tidak dipahami, kamu bisa membuka kamus untuk mencari artinya. Setelah membuat parafrase, kamu akan mudah memahami isi (makna puisi). Dengan memahami isi puisi, kamu dapat memahami amanat yang terkandung dalam puisi.
Sebagai contoh, kamu dapat memerhatikan puisi berikut yang diubah menjadi sebuah cerita (parafrase).
 
Bermain Piano
 

Tang ting ting ting
Jari jemari menari di atas tuts
Melodi merdu mengalun
Do re mi fa
Nada-nada tercipta beriring
Mengantar lagu yang kunyanyikan
Saat kubermain piano
Indah mengalun melodi terdengar
Saat kubermain piano
Lagu merdu berhias dentingan
Saat kubermain piano
Riang bahagia hatiku
Karya Yulia
 
Puisi tersebut dapat diubah menjadi cerita sebagai
berikut.
Bermain Piano
 
Tang ting ting ting terdengar suara ketika aku
menekan tuts pianoku. Suaranya sangat merdu.
Nada-nada yang terdengar bernotasi do re mi fa.
Nada-nada itu mengiringi lagu yang kunyanyikan.
Aku sangat senang bermain piano. Ketika bermain
piano, aku mendengar suara melodi yang indah. Lagu
yang kunyanyikan semakin merdu dengan diiringi suara
pianoku. Aku sangat senang bermain piano.
Nah, sekarang kamu pasti sudah memahami puisi
"Bermain Piano" tersebut.
Dari parafrase yang dibuat, kita dapat memahami bahwa
puisi tersebut melukiskan perasaan senang penulisnya ketika
bermain piano.
Previous
Next Post »